Welcome to Tapeinos - Hand Clinic

Ini adalah layanan klinik tangan spesialistik yang dapat anda jumpai di Jakarta. Kunjungi klinik kami di RSU UKI Cawang Jakarta Timur.

Rabu, 20 Juli 2011

Apa penyebab rasa nyeri di tangan?

Tangan nyeri akibat beberapa kondisi  atau penyakit yang digolongkan ke dalam
a. penyakit degeneratif
b. trauma
c. tumor
d. peradangan atau inflamasi
e. gangguan hormonal
f. gangguan / penyakit autoimun

Namun 3 penyakit berikut ini  yang paling sering mengakibatkan problem nyeri yang dialami oleh penderita  muda, dewasa muda dam paruh baya. Penyakit  pertama adalah sindroma terowongan   tangan/Carpal Tunnel syndrome  (CTS), dimana terjadi jepitan saraf medianus pada terowongan di pangkal telapak tangan. Penyakit  berikut adalah sindroma Jari pelatuk (trigger thumb dan trigger finger), dimana terjadi jepitan urat/tendon jari-jari   fleksor  pada jari-jari jempol, telunjuk, tengah, manis, dan kelingking. Kondisi  lainnya adalah Penyakit De Quervain. Pada kondisi ini terjadi  jepitan tendon/urat ekstensor jari  jempol. Pada umumnya semua kondisi ini dapat dilakukan terapi secara konservatif. Namun pada kondisi dimana terapi konservatif tidak dapat menolong, maka tindakan operasi merupakan salah satu alternative untuk  mengatasi sakit dan kecacatan.

Carpal Tunnel syndrome

Apakah carpal tunnel syndrome  ?

Kalau dibahasakan dalam Indonesia adalah sindroma terowongan  carpal /tangan. Jadi ada terowongan di telapak tangan yang dilewati beberapa organ tubuh seperti tendon-tendon dan saraf. Bila terjadi pembengkakan  di dalam terowongan itu, maka  akan terjadi jepitan  pada organ di dalamnya, dan yang paling memberikan gejala adalah  saraf. Sedangkan tendon tetap berfungsi  seperti biasa.

Bagaimana  gejala saraf terjepit ?

Saraf yang terjepit memberi gejala  berupa gangguan rasa dan raba  serta pergerakan. Gejalanya berupa kesemutan, rasa kebas, tangan seperti memakai  pelapis, atau rasa tidak enak. Gangguan ini berkurang dengan cara tangan dikibas-kibaska. Orang yang mengalami gangguan  seperti ini sering kali terbangun pada malam hari, karena ada rasa tidak enak pada tangan, atau timbul saat bekerja dengan menggunakan tangan, atau sedang naik motor. Gejala lainnya adalah gangguan pergerakan yang terganggu. Orang tersebut sering merasa tulisannya makin lama makin jelek, atau bahkan tidak mampu lagi melakukan aktifitas harian, karena merasa tangan yang sakit sangat lemah .




Oleh: dr. Karuniawan, SpOT (9/7/2007)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar