Welcome to Tapeinos - Hand Clinic

Ini adalah layanan klinik tangan spesialistik yang dapat anda jumpai di Jakarta. Kunjungi klinik kami di RSU UKI Cawang Jakarta Timur.

Minggu, 24 Juli 2011

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit yang terjadi pada daerah pergelangan tangan serta jari yang disebabkan oleh tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut. Bisa disebabkan karena penggunaan berulang, sehingga Carpal Tunnel Syndrome (CTS), paling sering dikeluhkan oleh mereka yang banyak menggunakan otot-otot  pergelangan tangan dan jari-jari tangan.

Lengan bawah dan jari - jari tangan kita dipersarafi oleh nervus medianus dibagian tengah, nervus radialis pada sisi ibu jari dan nervus ulnaris dibagian sisi jari kelingking. Ketiga saraf tersebut mempunyai tempat perjalanan yang berlainan.
Pada CTS terjadi penyempitan ruang (Carpal Tunnel) dimana nervus medianus biasanya berada. Sehingga saraf akan terjepit, mengakibatkan rasa kebas, kesemutan dan nyeri. ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah. Penyempitan ruang saraf ini, dapat disebabkan berbagai hal, dan yang paling sering terutama akibat  edema atau pembengkakan jaringan.
Hal-hal  lain yang menjadi predisposing factors : kehamilan, radang sendi, hypothyroidism, amyloidosis, acromegaly, Diabetes Mellitus (DM) dan last but not least, gerakan pergelangan tangan yang berulang-ulang dan berlebihan seperti apa yang sering terjadi pada sekretaris pada umumnya dan pengguna komputer yang tergolong maniac. Dari data statistik, penderita CTS lebih sering perempuan dibandingkan laki-laki.
Terapi CTS biasanya berupa anti sakit/ analgesic, obat saraf/neurotropik berupa vitamin B1, B6 dan B12, serta untuk mengurangi pembengkakan jaringan diberikan anti-inflamasi. Bila dengan cara konservatif tidak berhasil, maka harus dilakukan tindakan operatif. 


Oleh: dr. Putra Prameswara (21/07/2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar